4 Wisata Religi Di Nusa Penida

4 Wisata Religi di Nusa penida Tak hanya memiliki ke indahan alam excotix yang terkenal di mata dunia tetapi sudah dari dulu  terkenal dengan Wisata Religi.



Goa Giri Putri Nusa Penida menjadi destinasi wisata spiritual di nusa penida.Pulau dimana terdapat banyak pura untuk tempat persembahyangan umat Hindu dan upacara keagamaan, dengan istiadat budaya yang masih dijunjung tinggi.Maka dari itu wisata budaya yang suci dan sakral masih menjadi tujuan wisata di Bali. Lokasi goa pada ketinggian 150 meter dari permukaan laut dan memiliki panjang sekitar 310 meter. Goa Giri Putri selain didatangi umat yang ingin melalukan ritual keagamaan, wisatawan mancanegara dan domestik juga menjadi pengunjung dari Goa Giri Putri. Biasanya pengunjung ingin lebih melihat pada saat ritual keagaamaan dan nuansa spiritual di dalam goa ini.

Goa Giri Putri terletak di Desa Suana, Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.Menuju Goa Giri Putri dapat ditempuh selama 20 menit dari pelabuhan Sampalan Nusa Penida. Untuk mencapai Goa Giri Putri, pengunjung harus melalui 110 anak tangga dan saat sampai di atas sana akan terlihat pemandangan laut lepas yang indah. Memasuki Goa Giri Putri, pengunjung akan dihadapkan dengan pintu masuk kecilyang hanya cukup untuk 1 orang sehingga pengunjung harus menunduk. Tetapi ketika sudah masuk, pengunjung dipastikan akan terpesona dan terpukau dengan kebesaran juga kemegahannya yang bisa memuat sekitar 5000 orang. Goa ini tempat untuk memohon kebersihan dan kebebasan dari aura negatif yang ada pada diri kita. Di bagian luar Goa Giri Putri biasa digunakan untuk tempat meditasi dengan nuansa alami stalagmit dan suara tetesan air yang menghiasi goa.

Ada pelinggih - pelinggih yang ada didalam goa dan diluar goa yaitu Palinggih Hyang Tri Purusa, Dewa Ganesha atau Ganapati, Palinggih Hyang Basuki, pelinggih untuk memohon pangelukatan pada Dewi Gangga, palinggih Hyang Giri Pati, palinggih pusat adalah diistanakannya Hyang Giri Putri beserta Payogan- Nya. Bahkan Palinggih Dewi kwan Im juga dapat dijumpai di ujung Goa dan disampingnya palinggih Sri Sedana / Ratu Syahbandar.Bagi wisatawan yang ingin memasuki area Pura Goa Giri Putri, ada hal - hal yang perlu diperhatikan. Untuk pengunjung wanita yang sedang mengalami datang bulan tidak diizinkan masuk karena akan menghilangkan kesucian pura, menggunakan sarung dan selendang, serta tidak berkata-kata kotor selama berada di area Pura. Goa Giri putri Nusa Penida ini sekaligus menjadi Pura ini banyak membuat wisatawan mancanegaran dan domestik berdecak kagum atas proses alam yang begitu indah. Jadi untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman wisata spiritual yang berbeda, berkunjunglah ke Goa Giri Putri Nusa Penida dan didalamnya Anda akan merasakan ketenangan dan kedamaian.



Pura Dalem Ped Nsa Penida.Tidak hanya wisata alam yang eksotis saja yang dapat kalian nikmati ketika berada di Nusa Penida. Ada wisata religi yang dapat kalian kunjungi di Nusa Penida, yakni Pura Dalem Penataran Ped.

Pura Dalem Penataran Ped biasanya menjadi tempat persembahyangan terakhir dari sebagian umat Hindu Bali yang tangkil atau Tirtayatra ke Nusa Penida. Konon kabarnya, ketika memasuki, setiap orang wajib memakai pakaian adat yang sopan. Selain itu, dilarang menggunakan saput poleng mengingat warna hitam putih menyamai busana Ida Batara Ratu. Pura Dalem Penataran Ped terdiri dari empat pura berupa Pura Segara, Pura Taman Sari, Pura Ratu Dalem Gede (Mecaling), dan Pura Penataran Agung.

Pura Delem Ped terletak di desa ped Nusa Penida Kecamatan Nusa Penida. Bila anda ingin berkujung ke pura dalem ped bisa di tempuh melalui Pelabuhan sanur,pelabuhan tribuana kusamba klungkung, dan pelabuhan Padang Bay Karang Asem.


 

Pura Puncak Mundi.Ada beberapa keunikan yang bisa anda temui saat berkunjung ke pura ini. Umat ​​Hindu yang melakukan Tirta Yatra ke Nusa Penida akan melakukan sembahyang di pura ini terlebih dahulu. Kemudian mereka menuju pura Dalem Ped dan pura ini terdiri dari tiga pura yakni Pura Krangkeng, Pura Beji dan juga Puncak Mundi.

Bentuk bangunan unik padmasana yang ada di pura ini mempunyai pelipit dengan empat tiang yang berbeda dari padmasana yang ada pada umumnya. Padmasana di pura ini melibatkan stiliran kala dan juga motif sulur-suluran. Ini adalah simbol dari Buddha Siwa, di samping itu ada pula wantilan yang cukup luas di pura ini.

Puncak Mundi sendiri terdiri dari jaba sisi, jaba tengah dan juga jeroan untuk bagian yang paling dalam. Salah satu perbedaan yang dimiliki oleh pura ini dengan pulau lainnya adalah pura jaba tengahnya yang memiliki area lebih luas dibandingkan dengan area jeroannya.

Di samping itu, pura ini juga masih memiliki banyak sekali kera yang belum jinak. Oleh sebab, anda harus hati-hati saat ingin berkunjung ke pura ini.


 

Pura Palaung Atau Pura Mobil.Pura Paluang Nusa Penida ini memiliki aura mistis yang sangat kental. Namun pura ini disucikan oleh warga, sehingga Anda yang berkunjung wajib menghindari perkataan dan perbuatan kotor dan tidak terpuji. Selain itu, Anda juga wajib berpakaian sopan.

Yang menambah keangkeran dari pura ini adalah bentuk patung-patung kuno yang sangat aneh. Ada yang hanya tinggal tinggal saja, atau hanya badan saja. Hal ini disebabkan terkikis oleh alam. Dan ada penyengker pura dengan luas 50 area yang sering dikunjungi kera. Anehnya, kera tersebut tidak pernah terlihat masuk ke pelataran pura.

Selain patung, ada goa tepat di bawah pura. Namun tak sembarang pengunjung yang masuk. Di dalam Goa ini terdapat seperangkat gamelan gong yang menghunakan batu padas. Selain gong batu, juga ada patung orang yang sedang memegang gamelan layaknya sedang memainkannya. Lokasi goa yang tertutup semak dan pepohonan menambah suasana di dalamnya ditambah.

 

Baca Artikel Lain:

Cari Paket Tour Nusa Penida

Sewa Mobil

Comments

Pulau Nusa Penida

Paket Tour Barat Nusa Penida

Pulau Nusa Penida

6 Tempat Wisata Yang Wajib dikunjungi Di Nusa Penida

Akses ke Nusa Penida

kelingking beach, nusa penida